7
Indikator Guru Profesional
·
Memiliki
Ketrampilan mengajar yang baik
Guru
yang mempunyai kompetensi pedagogik tinggi adalah guru yang senantiasa
mempunyai ketrampilan mengajar yang sangat baik, yaitu dengan berbagai cara
dalam memilih model, strategi dan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan
karakteristik Kompetensi Dasar dan karakteristik peserta didiknya.
·
Memiliki
Wawasan yang luas
Seorang
Guru hendaknya secara terus menerus mengembangkan dirinya dengan meningkatkan
penguasaan pengetahuan secara terus menerus sehingga pengetahuan yang
dimilikinya senantiasa berkembang mengikuti perkembangan jaman.
·
Menguasai
Kurikulum
Kurikulum
dapat berubah sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan dan masukan para pakar.
Saat ini di semua satuan tingkat pendidikan menerapkan KBK/KTSP, sehingga dalam
implementasi KBK guru memposisikan sebagai fasilisator dalam proses
pembelajaran.
·
Menguasai
media pembelajaran
Guru
profesional harus mampu menguasai media pembelajaran, Pengembangan alat/media
pembeljaran dapat berbasis kompetensi lokal maupun modern dan berbasi ICT. Saat
ini Dinas Pendidikan Kota / Kabupaten telah mewajibkan guru tersertifikasi
memiliki laptop guna meningkatkan kuaitas pembelajaran.
·
Penguasaan
teknologi
Penguasaan
teknologi mutlak diperlukan oleh guru. Guru hendaknya menguasai materi dan
sekaligus metode penelitiannya sesuai dengan kedalaman materi yang diajarkan.
jaringan dengan Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian dan Instansi yang terkait
lainnya.
·
Memiliki
kepribadian yang baik
Jika
seorang pendidik mempunyai karakter seperti diatas, akan disenangi oleh peserta
didik, dengan sendirinya akan disenangi ilmu yang diajarkannya juga. Banyak
siswa yang membenci suatu ilmu atau materi pembelajaran karena watak gurunya
yang keras, kasar dan cara mengajar guru yang sulit. Nah dan disisi lain pula siswa
menyukai dan terarik untuk mempelajari suatu ilmu atau mata pelajaran, karena
cara perlakuan yang baik, kelembutan, keteladanannya yang indah dari gurunya.
·
Menjadi
teladan yang baik
Guru
hendaknya menjadi teladan yang baik bagi peserta didiknya. Untuk memperoleh
jawaban tentang ciri-ciri ideal seorang guru yang dapat dijadikan teladan oleh
peserta didik, peling tidak harus melakukan pendekatan terhadap peserta
didiknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar